-->

Resep Enting Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah

Enting - Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah
Ilustrasi

Enting - Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah - Kue kacang tanah manis karamel baik dari gula pasir, gula merah maupun perpaduan ini kerap disebut juga teng -  teng dan ting  - ting maupun jipang kacang. 

Mirip dengna ampyang yang berbentuk bundar dengan kacang tanah utuh, yang juga termasuk aneka jajanan warung favorit dekat sekolah dulu.


Resep Enting Enting Kacang

Rasa gurih kacang dan manis karamel bisa menjadi cemilan yang enak dan renyah. Selain kacang, enting - engting, teng - teng atau ting - ting ini juga banyak varian rasa lainnya, seperti jahe, wijen hingga enting gepuk oleh - oleh khas salatiga.

Bahan yang digunakan sangat sederhana serta proses membuatnya juga sangat mudah, biarkan adonan yang sudah dicetak dalam loyang agar benar - benar dingin sehingga mengeras sempurna.

Bahan - bahan :
  • 250 gram kacang tanah, kupas
  • 125 gram, gula merah, sisir
  • 50 gram gula pasir
  • 1/2 sdk (1 sachet) vanili bubuk
  • 1/4 gram garam
  • 5-10 sdk makan air atau secukupnya


Cara membuat Enting - Enting Kacang :

1. Goreng kacang tanah tanpa minyak dalam wajan ( sangrai) hingga harum dan matang. Setelah dingin, tumbuk - tumbuk kasar menggunakan ulekan.

2. Siapkan wajan, masukan gula merah, gula pasir, vanili dan garam, kemudian nyalakan api kecil. Setelah meleleh, aduk rata lalu  masukkan 5 sendok makan air dan aduk rata kembali.
 
Enting - Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah


3. Masukkan kacang tanah yang sudah ditumbuk, aduk - aduk benar - benar rata ( tambahkan 5 sendok air atau secukupnya agar mudah diaduk dan tidak menggumpal.



Enting - Enting Kacang Tanah Renyah Manis Gula Merah



4. Tuang dalam loyang sudah dialasi plastik, tekan - tekan sambil diratakan dengan spatula kemudian biarkan hingga dingin.

5. Setelah dingin dan adonan sudah kering dan benar - benar mengeras, keluarkan dan loyang dengan menarik kedua ujung plastik. Pindahkan di atas tempat atau wadah datar serta balikkan sehingga posisi plastik menjadi di bagian atas, lalu lepaskan plastiknya.

6. Potong - potong menggunakan pisau sesuai dengan bentuk yang diinginkan, enting - enting kacang sudah siap untuk disajikan.

Demikian uraian di atas tentang Cara membuat enting - enting kacang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua dan bisa mencobanya langsung di rumah. Selamat mencoba !


Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel