-->

Resep Klepon Kue Jajanan Pasar Tradisional

Klepon Kue Jajajan Pasar Tradisional
Ilustrasi

Klepon Kue Jajajan Pasar Tradisional - Saat ini banyak sekali jajanan ala barat yang masuk ke negara kita. Belum lagi sncak dan jajanan dalam kemasan yang dengan gampang sekali di jumpai di warung - warung dekat rumah dan sekola. Memang tidak semua jajanan itu berbahaya dan bisa menggangu kesehatan anak - anak kita. Tetapi apabila teman - teman mempunyai sendiri saja jajanan untuk anak - anak kita. Ada dua macam jenis kue ini, yaitu klepon ketan dan kue klepon ubi. Kali ini kita akan mencoba cara membuat klepon ketan.

Klepon Merupakan salah satu kue tradisional yang populer sebagai jajanan pasar tradisional di Indonesia. Saat digigit, kue ini mengeluarkan cairan kental gula merah yang enak dan harap berhati - hari dapat muncrat jika terlalu bersemangat menggigitnya bahkan bisa meninggalkan noda di baju. berikut resep bikin klepon kue jajanan pasar tradisional asli Indonesia.


Bahan :
  • 250 gram tepung ketan
  • 225 ml air hangat
  • 30 lmbr daun suji, ditumbuk
  • 1 sdk makan air kapur sirih
  • 1/4 sdk garam
  • 100 gram gula merah, sisir
  • 1/2 buah kelapa setengah tua, parut paru kasar, kukus bersama 1/4 garam selama 10 menit
  • 1 lmbr daun pandan

Cara Membuat Kue Klepon Jajanan Pasar Tradisional :

1. Tuang 1 sdk makan air hangat ke atas daun suji, remas - remas daun suji , peras dan saring.

2. Campur tepung ketan, air kapur sirih dan garam, aduk rata. Tuang air daun suji dan air hangat lalu uleni hingga kalis.

3. Ambil 1 sendok teh adonan, beri isi gula merah lalu bentuk bulat - bulat. Rebus dalam air mendidih buah kue klepon dengan dialasi daun pandan.

Tips :
Adonan yang belum dibentuk sebaiknya ditutupi dengan kain atau plastik agar tidak kering karena adonan akan mudah patah saat dibentuk jika kering. Bila itu tejadi, kita bisa menambahkan 1-2 sdt air, aduk rata baru kemudian bisa dibentuk.



Tentu Mudah bukan ? Demikian uraian di atas tentang  Resep Klepon Kue Jajanan Pasar Tradisional. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan dapat mencobanya di rumah. Selamat mencoba !

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel